Tesis

Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Children’s Dermatology Life Quality Index (CDLQI) Berbahasa Indonesia untuk Menilai Kualitas Hidup Anak dengan Dermatitis Atopik = Validity and Reliability Study of Bahasa Indonesia Version of Children’s Dermatology Life Quality Index (CDLQI) in Children with Atopic Dermatitis.

Latar belakang: Dermatitis atopik dapat memiliki dampak negatif pada kualitas hidup karena mengganggu aktivitas di sekolah, keluarga, interaksi sosial, serta gangguan tidur. Data mengenai kualitas hidup pasien anak dengan dermatitis atopik di Indonesia masih terbatas. Instrumen yang baku untuk menilai kualitas hidup anak dengan dermatitis atopik di Indonesia belum ada. Children’s dermatology life quality index (CDLQI) telah terbukti valid dan reliabel pada banyak penelitian dalam berbagai bahasa. Penelitian ini bertujuan mengetahui validitas dan reliabilitas kuesioner CDLQI berbahasa Indonesia pada anak dengan dermatitis atopik. Metode: Desain penelitian potong lintang. Kuesioner CDLQI telah diterjemahkan ke bahasa Indonesia dan telah tersedia resmi. Penggunaan kuesioner CDLQI untuk penelitian ini disetujui oleh Lewis-Jones MS and Finlay AY. Pasien anak usia 4-14 tahun dengan diagnosis dermatitis atopik dan anak dengan proporsi usia yang sama tanpa penyakit kulit diikutsertakan dalam penelitian ini untuk mengisi kuesioner CDLQI berbahasa Indonesia tanpa bantuan peneliti. Pasien kemudian mengisi kuesioner CDLQI kembali dengan dipandu oleh peneliti. Waktu yang dibutuhkan untuk pengisian kuesioner dicatat. Hasil: Enam puluh pasien, yang terdiri dari 30 pasien (12 lelaki, 18 perempuan) dengan dermatitis atopik dan 30 pasien (14 lelaki, 16 perempuan) tanpa penyakit/masalah kulit, diikutsertakan dalam penelitian. Median skor CDLQI pada pasien dengan dermatitis atopik adalah 9 (rentang 0-21). Koefisien korelasi Pearson (r) antara pertanyaan dengan total didapatkan 0,284-0,752 yang menunjukkan construct validity yang baik. Dua faktor didapatkan dari analisis faktor dengan nilai baik (0,684-0,852). Reliabilitas yang baik didapatkan dengan konsistensi internal Cronbach’s alpha 0,775. Indeks kesepakatan antara pengisian oleh pasien (dan atau orangtua) dan dengan dibacakan dan dipandu oleh peneliti menunjukkan Kappa 0,934-1 (p 90%) dapat menjawab seluruh pertanyaan dalam waktu 5 menit. Kelompok usia tertua adalah kelompok dengan waktu pengisian tercepat (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Yani Zamriya - Nama Orang
Zakiudin Munasir - Nama Orang
Titis Prawitasari - Nama Orang

No. Panggil
T18231fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Kesehatan Anak.,
Deskripsi Fisik
xiv, 68 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18231fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18231fkT18231fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Children’s Dermatology Life Quality Index (CDLQI) Berbahasa Indonesia untuk Menilai Kualitas Hidup Anak dengan Dermatitis Atopik = Validity and Reliability Study of Bahasa Indonesia Version of Children’s Dermatology Life Quality Index (CDLQI) in Children with Atopic Dermatitis.

Related Collection